Home > Belajar Joomla! > Instalasi XAMPP

Instalasi XAMPP

December 25, 2011 Leave a comment Go to comments

Setelah mengenal Joomla! pada seri tulisan Joomla! yang lalu, sekarang kita bahas tentang XAMPP. Tujuan nantinya adalah untuk membuat sebuah website secara offline. Tentu saja hasil desain anda akan dionline-kan. Media rancang bangun web tersebut kali ini yang akan dipergunakan adalah salah satu produk yang sering digunakan oleh umum. Ya ,dengan Joomla! anda dan saya akan belajar bersama. Dengan sedikit yang saya miliki, tentunya saya berharap dengan belajar bersama akan banyak bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Baiklah teman, Tulisan kali ini kita akan mengangkat instalasi XAMPP untuk Windows. Secara mudahnya XAMPP merupakan Paket Server Offline.
XAMPP banyak digunakan oleh para developer PHP script untuk menginstall server Apache ke Windows secara mudah dan cepat. Didalamnya sudah termasuk PHP, Apache, MySql, Phpmyadmin, dll. Bagi developer php script yang kesulitan untuk melakukan instalasi php, apache, mysql, dan phpmyadmin dapat menginstall XAMPP ini ke windows mereka. Namun perlu  diingat bahwa XAMPP memang bisa berfungsi sebagai server Web. Tetapi jangan menggunakan XAMPP untuk server Web yang benar-benar online di Internet, karena sekuritinya belum memadahi untuk itu. So, XAMPP lebih baik hanya untuk diinstall di PC lokal anda.

Yuk kita mulai tahapan instalasinya.

  1. Langkah awal Untuk dapat menginstall XAMPP, tentunya Anda membutuhkan seperangkat komputer dengan operating system Windows XP. Tentu disediakan juga paket instalasi untuk linux, Max Os X, Solaris. Tetapi disini kita hanya membahas instalasi untuk operating system windows XP (fakta bahwa sebagian besar developer menggunakan windows XP sebagai operating system mereka). Saya sendiri menggunakan Windows 7. Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk menginstall XAMPP di windows
    XP.Silahkan download terlebih dahulu XAMPP versi 1.7.4, Klik dua-kali file XAMPP yang telah Anda download (contoh yang dipakai di sini adalah xampp-win32-1.7.4-installer.exe, yaitu XAMPP versi 1.7.4). Bila Anda mendapati versi XAMPP yang lebih baru, cara installasi kemungkinan masih sama.

  2. Setelah terbuka maka tampilan yang pertama kali muncul yaitu pemilihan bahasa. Klik “OK” untuk melanjutkan. 

  3.  Setelah itu akan muncul tampilan ucapan selalmat datang, klik “Next” untuk melanjutkan.

  4. Tampilan selanjutnya yaitu menunjukkan tempat penyimpanan hasil installasi software ini. Saya sarankan hasilnya jangan di simpan di
    drive C, karena apabila windows mengalami masalah, server yang telah kita buat dapat mudah kita selamatkan. Klik “Next” untuk melanjutkan.

  5. Kemudian kita diberi pilihan apa sajakah yang akan kita install. Pilih sesuai kebutuhan anda, kita juga dapat menambah icon pada desktop dan menambah installasi software ini di start menu. Untuk pilihan di “SERVICE SECTION” yang tidak mencontreng satupun karena saya hanya melakukan dasar – dasarnya saja. Klik “Install” untuk memulai penginstalan.

  6. Setelah itu akan muncul proses installasi dari xampp ini. Tunggulah sampai proses ini selesai.

  7. Setelah beberapa saat maka proses installasi telah selesai dengan munculnya pemberitahuan bahwa proses installasi selesai. Klik “Finish” untuk mengakhiri installasi.

     

  8. Setelah itu akan muncul ucapan selamat karena proses insatallasi telah berhasil dan disana kita diberi pilihan apakah kita akan langsung menjalankan xampp control panel atau tidak. Klik “Yes” untuk mulai menjalankannya atau klik “No” apabila tidak mau langsung menjalankannya.

  9. Apabila pada pilihan di atas anda klik “Yes”, maka akan muncul tampilan dari xampp control panel seperti gambar di bawah ini. Untuk
    mulai menjalankan server klik “start” pada Apache dan Mysql.

  10. Cek web server anda dengan mengetikkan http://localhost di browser anda, jika sukses akan muncul tampilan dari XAMPP. Dari tampilan yang muncul Anda dapat melakukan berbagai administrasi untuk server Anda termasuk membuat database SQL untuk WordPress, Joomla, dll.


Okay kawan, tutorial selanjunya adalah tulisan tentang Instalasi Joomla!

awidyanto.

Advertisements
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: